Sabtu, 06 Maret 2010

Motor Terlaris di Indonesia

Mengacu data wholesales Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Januari-Juli 2009, tanpa melihat golongan, Yamaha Mio casting wheel (CW) menjadi yang terlaris di pasar motor nasional. Selama delapan bulan sudah terjual 386.946 unit dengan pangsa 12,4 persen. Di tempat kedua, Honda Revo Absolute 110 cc dengan total penjualan 287.876 unit (9,2 persen), selanjutnya Yamaha Vega ZR DB 115 cc 244.661 unit (7,85 persen), Yamaha Jupiter-Z CW 227.261 unit (7,29 persen), dan Honda Supra 125 XTR 219.957 unit (7,06 persen).







"Selama masih belum tersedianya sarana transportasi massal yang baik, motor masih menjadi alat transportasi paling murah. Jadi, pasarnya masih akan berkembang. Pilihan tetap pada bebek dan skutik yang makin besar permintaannya," papar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, baru-baru ini.

Masih mengacu pada data tersebut, total distribusi motor nasional sepanjang tahun ini tercatat sebanyak 3.114.874 unit. Rinciannya, 55,42 persen atau 1.726.334 motor dari jenis bebek, 36 persen skutik (1.107.898 unit), dan 9,01 persen dari sport (280.642 unit).

Dari angka-angka tersebut, suatu pencapaian yang wajar jika Yamaha memimpin penjualan di pasar motor nasional. Pasalnya, produknya menduduki posisi teratas sebagai produk terlaris di Indonesia.

Kalau memerhatikan setiap golongan yang ada, untuk model bebek dikuasai Honda dengan Revo Absolut. Adapun segmen skutik, Yamaha Mio CW masih belum ada yang menandingi. Sementara itu, di segmen sport, Yamaha Vixion masih bertengger di atas dengan angka penjualan 103.555 unit.

Read More..

Meningkatkan Kecepatan Sepeda Motor


Banyak cara yang dapat dilakukan para biker untuk meningkatkan kecepatan sepeda motor mereka. Salah satunya yang akan saya tuliskan disini dengan cara yang sangat cukup sederhana yaitu dengan pergantian pilot jet dan main jet juga pergantian gir belakang sepeda motor anda.



Dengan cara tersebut kita dapat meningkatkan 10% tenaga sepeda motor kita, Hal yang perlu diperhatikan saat pergantian komponen tersebut ialah saat kita mengganti main jet atau pilot jet jangan terlalu besar melebihi dari ukuran setandarnya. Kenaikan biasanya tidak lebih 2 tingkat dari ukuran normalnya, Sedangkan untuk gir biasanya para mekanik hanya menurunkan 1-2 mata dari ukuran setandarnya.

Cara diatas yang cukup mudah dan aman bila diterapkan untuk sepeda motor yang ingin meningkatkan kecepatan sepeda motor tidak terlalu extrim.

Read More..

Tips Merawat Sepeda Motor

Memiliki sepeda motor yang gesit jalannya memang mengasyikkan. Namun menjadi menyebalkan ketika motor mulai terasa berat dan tidak bertenaga di jalan. Berikut ini adalah tips standar dari situs web organisasi.org bagi pengendara sepeda motor pemula agar sepeda motornya bisa melaju dengan kecepatan yang wajar.

1. Motor Kotor Butuh Cuci Motor

Kotoran yang menempel pada motor kita serta kotoran yang menyumbat bagian-bagian yang bergesekan dapat membuat jalan motor kita jadi agak seret dan berat. Secara rutin cucilah motor kita di tempat cuci steam yang mencuci sampai ke detail tiap bagian.


2. Ban Kempes Butuh Diisi Angin

Ban yang kempes atau agak kempes bisa menghambat laju motor kita. Konsumsi bensin pun jadi boros dan resiko pecah ban motor di jalan jadi lebih besar. Untuk itu periksalah kondisi ban sepeda motor kita sebelum memulai perjalanan agar kecepatan motor kita bisa dimaksimalkan.

3. Banyak Barang Bawaan Berat Perlu Di Singkirkan

Periksa kembali barang apa saja yang anda bawa baik di bagasi maupun di box di belakang motor (bila ada). Membawa barang yang berat akan mempengaruhi laju motor. Singkirkan barang yang berat dan tidak anda perlukan agar kecepatan bisa kembali normal seperti sedia kala.

4. Saringan Udara Kotor Perlu Dibersihkan

Biasanya setiap service rutin, mesin speda motor kita akan dibongkar untuk dibersihkan agar udara yang masuk ke mesin bisa cukup serta berkualitas baik agar pembakaran dalam mesin bisa berjalan maksimal.

5. Oli Jelek Perlu Ganti Oli

Terkadang beratnya laju motor disebabkan oleh oli yang sudah buluk sehingga perlu diganti dengan oli baru yang lebih fresh, sehingga mesin motor dapat beroperasi dengan baik. Biasanya setiap satu sampai dua bulan sekali perlu penggantian oli tergantung intensitas pemakaian kita.

Read More..

Face Lift Yamaha V-Ixion 2010


Teknologi dan style adalah dua kata kunci yang paling tepat untuk menggambar produk Yamaha yang satu ini. 3 Tahun setelah peluncurannya yang pertama pada tahun 2007, tahun ini Yamaha V-Ixion merubah penampilannya menjadi lebih gagah dan agresif.

Mengawali tahun 2010 ini PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia, memperkenalkan wajah baru Yamaha V-Ixion yang lebih modern dan aerodinamis. Perubahan yang dilakukan oleh YMKI pada tampilan Yamaha V-Ixion ini boleh dibilang akan sangat mempengaruhi wajah dan penampilan motor sport yang pada tahun 2009 berhasil menyabet 3 award sekaligus, sebagai "Best Handling", "Best Fitur & Technology" dari MR. Testo Award versi tabloid Otomotif, dan penghargaan sebagai "Motor Sport" terbaik kelas 191-249cc" IMOTY Award 2009 versi majalah Motorev.


Perubahan yang terjadi pada Yamaha V-Ixion ini adalah perubahan pada Delta Box yang menjadi warna hitam. Pilihan warna hitam ini akan menimbulkan kesan kokoh dan elegan. Design striping pun berubah sehingga membuat penampilannya semakin terlihat modern dan dinamis.

Akan tetapi perubahan yang paling membuat wajah si penjelajah berteknologi tinggi ini berbeda adalah bentuk lampu depannya. Head lamp V-Ixion yang tadinya berbentuk bulat akan berganti menjadi lebih futuristik. Head lamp multi reflector yang mengadaptasi dari bentuk dan design modern, ini benar-benar memberikan aura yang berbeda dan lebih gagah. Kecanggihan teknologi, performa yang hebat dan design yang mutakhir membuat penampilan Yamaha V-Ixion menjadi lebih sporty, futuristik, dahsyat dan semakin berkualitas tinggi. Tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Black Gold, Grey Blue dan Red Black Yamaha V-Ixion sangat sesuai dengan pribadi muda yang menggemari kendaraan bermotor dengan teknologi modern.

Dengan tetap mengusung teknologi injeksi pada system suplai bahan bakarnya, DiAsil cylinder (cilinder tunggal dengan posisi tegak yang membuatnya tidak mudah aus dan tahan lama), delta box frame (memberikan kestabilan dan kenyamanan ketika berkendara), forged piston (piston yang dibuat dengan sistem tempa, sangat kuat dan memiliki daya tahan yangtinggi) dan liquid cooled (temperatur dapat terkontrol sehingga dapat memberikan tekanan kompresi yang lebih tinggi, selain itu juga dapat memaksimalkan tenaga, efisiensi bahan bakar dan menjaga keawetan mesin) Yamaha V-Ixion tetap menjadi pilihan terbaik di kelasnya.

Dari segi marketing, Yamaha optimis terhadap penjualan V-Ixion baru ini. Apabila pada tahun lalu Yamaha menargetkan penjualan sebanyak 18.000 unit perbulannya. Pada tahun ini Yamaha meningkatkan terget tersebut sebesar 20% dari target tahun 2009. Optimisme ini berdasarkan pencapaian Yamaha V-Ixion, yang telah berhasil menempati market share no.1 dari semua merk, untuk kelas motor sport di Indonesia pada tahun 2009.

Performa Hebat, Tenaga Dahsyat! Yamaha V-Ixion, yang lain nggak bisa ngikutin.

Barikut ini spesifikasi Yamaha V-Ixion 2010:
Dimensi

P x L x T


2.000 m x 705 mm x 1.035 mm

Jarak sumbu roda


1282 mm

Jarak terendah ke tanah


167 mm

Tinggi tempat duduk


790 mm

Berat isi


125 kg

Kapasitas tangki Bensi


12 liter
Mesin

Tipe mesin


4 Langkah, 4 Valve SOHC ? Fuel Injection, Berpendingin cairan

Jumlah/Posisi silinder


Cylinder Tunggal / Tegak

Volume silinder


149.8 cc

Diameter x Langkah


57.0 x 58.7 mm

Perbandingan kompresi


10.40 : 1

Daya maksimum


14.88 HP / 8.500 rpm

Torsi maksimum


13.1 N.m / 7.500rpm

Sistem starter


Electric Starter dan Kick Starter

Sistem pelumasan


Basah

Kapasitas oli mesin


Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter

Tipe Throttle Body


(MIKUNI) AC28 x 1

Tipe kopling


Basah, Kopling manual, Multiplat

Tipe transmisi


Return, 5 Kecepatan

Pola pengoperasian transmisi


1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
Rangka

Tipe rangka


Pressed Backbone (Delta box)

Suspensi Depan


Teleskopik

Suspensi Belakang


Lengan Ayun, Suspensi Monocross

Ban Depan


2,75 ? 17 41P

Ban Belakang


90/90 ? 17 M/C 49 P

Rem Depan


Cakram

Rem Belakang


Tromol
Kelistrikan

Sistem Pengapian


T.C.I / Transistorized Coil Ignition (Digital)

Battery


YTZ5S-MF (MF Battery)

Tipe Busi


CR8E (NGK)

Karena upaya terus-menerus untuk menyempurnakan motor, data diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Dikutip dari http://www.yamaha-motor.co.id/news/content/read/face-lift-yamaha-v-ixion-2010/

Read More..

Suspensi Twinshock dan Monoshock

Suspensi Twin Shock

Suspensi belakang ini jumlahnya sepasang yang masing-masing melekat di sebelah kanan-kiri lengan ayun. Struktur utamanya terdiri dari spring (per), damper, tabung, dan adjuster untuk menyetel kekerasan dan keempukan per. Mekanisme pergerakan suspensi memakai model hidrolik yang berbasis cairan oli. Di pasaran ada tiga jenis peredam belakang yang diperjualbelikan. Pertama adalah buatan original equipment manufacturer (OEM) yang merupakan tipe standar keluaran pabrikan sepeda motor. Jenis kedua disebut sebagai model heavy duty yang dirancang mirip buatan OEM, namun sanggup menahan beban berat. Tipe ketiga adalah khusus untuk sepeda motor sport atau racing, yaitu peredam kejut yang dirancang khusus untuk kompetisi atau arena balap.


Ketiga jenis peredam kejut tersebut memiliki karakter redaman oli dan sistem kerja yang berbeda. Umumnya peredam kejut sepeda motor standar didesain hanya untuk kenyamanan dan pemakaian sehari-hari. Suspensi ini tidak dirancang untuk kegiatan balap dan membawa beban berat. Itu sebabnya jarak ulir per dibikin renggang agar empuk. Sistem kerja ini biasa disebut sebagai single action atau satu kali gaya tarik ketika ditekan, sehingga tubuh pengendara tidak menjadi cepat lelah.

Namun karena mengejar kenyamanan, peredam kejut standar tidak cocok untuk mengangkut beban berat. Masalah utama yang sering terjadi adalah sil sok gampang bocor sehingga kinerja suspensi tidak prima lagi. Dalam buku manual sepeda motor tertulis berapa beban maksimal yang bisa ditanggung oleh suspensi standar.

Khusus untuk mengangkut beban berat, bisa memakai model suspensi heavy duty keluaran perusahaan independen. Desainnya tidak berbeda jauh dengan produk buatan OEM. Ciri utama dari suspensi jenis ini adalah per dibuat lebih besar dengan jarak ulir yang semakin rapat. Dimensi damper dan as sama, tetapi rancangan katup oli dalam tabung berbeda. Hasilnya adalah daya lenturnya lebih kuat sehingga bisa membawa beban berat. Tentunya, karena mementingkan kemampuan untuk mengangkut beban, faktor kenyamanan pun jadi berkurang. Terutama saat sepeda motor dipakai sendiri akan terasa lebih keras. Setiap peredam kejut ini didesain mampu membawa beban berat hingga 250 kg.

Suspensi tipe balap memiliki rancangan yang mengejar stabilitas tinggi saat berada di tikungan. Diameter per dibuat besar, namun tetap soft. Semua peredam kejut untuk balap memakai desain katup oli yang khusus dengan menerapkan mekanisme kerja double action. Tujuannya agar saat menikung, gaya pantul suspensi bisa redam dan tidak menimbulkan goncangan berlebih.

Suspensi Monoshock

Umumnya model ini dipakai pada sepeda motor model sport. Ciri utamanya adalah satu peredam kejut yang dipasang di rangka tengah, bagian depan dari lengan ayun. Keunggulannya dibandingkan model konvensional adalah lebih lembut, stabil, dan nyaman untuk manuver. Namun demikian memiliki keterbatasan dalam daya angkutnya.

Suspensi monoshock tidak cocok untuk mengangkut beban berat. Itu sebabnya lebih banyak dipasang pada sepeda motor bebek yang bergaya sport dengan kapasitas mesin besar.Sama seperti komponen sepeda motor umumnya, suspensi pun memiliki masa pakai. Pabrikan merekomendasikan masa pergantian suspensi pada angka 20.000 km. Alasannya, pelumas di dalam tabung memiliki umur masa pakai. Jika oli sudah encer, kerja as tidak optimal lagi. Yang terpenting dari perawatan suspensi adalah jangan mengangkut beban berlebihan, sehingga usia pakainya bisa lebih panjang. (ovi)***


Fungsional

Dari segi fungsional justru banyak pakar otomotif mengatakan bahwa supensi monoshock apabila digunakan sesuai petunjuk dan dalam kondisi optimal justru lebih lembut dibanding suspensi twin shock. Namun kekurangan suspensi Monoshock dibanding twin shock adalah keterbatasan daya angkut dan biaya teknologi tersebut. Karena dalam mengaplikasikanya dibutuhkan struktur sasis yang lebih kuat serta ukuran swing arm yang lebih besar dibanding suspensi twin Shock jadi disimpulkan suspensi twin shock sedikit lebih efisien dibanding suspensi monoshock.

Estetika Penampilan

Terus terang, dari segi penampilan bisa dibilang mutlak keunggulan berada di tangan suspensi monoshock. Hali ini terbukti dari banyaknya para pemilik motor yang menggunakan teknologi twin shock memodifikasi motornya menjadi monoshock. Sedangkan bisa dibilang tidak ada seorang biker yang ingin merubah tungganganya dari monoshock menjadi twin shock. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi dunia motor sport yang kesemuanya menggunakan suspensi monoshock.

Performa

Contoh paling mudah adalah kita kembali lagi pada dunia motor sport, baik dari balapan sirkuit, motor cross hingga reli Dakar semua motor telah menggunakan sistem monoshock ataupun untrak sebagai suspensi.

Monoshock itu membantu di kestabilan saat di tikungan. Kenapa? Karena distribusi beban motor dan pengendara akan tertumpu hanya pada satu bagian, yakni tengah lengan ayun. Bandingin deh sama stereo, udah pasti dong saat menikung, beban yang ditumpu kedua shock berbeda.

Kesimpulanya

Tidak ada keunggulan lain suspensi twin shock selain kemampuannya mengangkut beban berat dan efisiensi ongkos produksi Tetapi bila ada pilihan aplikasi suspensi monoshok dengan harga yang sama dengan suspensi twin shock maka value for money pun beralih kepada suspensi monoshock. Sedangkan teknologi monoshock memiliki dua keunggulan mutlak terhadap teknologi twin shock, yaitu dari segi penampilan dan performa. Tetapi dibalik semuanya teknologi tersebut tidak akan bekerja maksimum tanpa ditunjang teknologi sasis dan suspensi depan yang mumpuni.

Read More..
 

© Copyright © 2011 Info Otomotif. All Rights Reserved.