Dewasa ini terdapat 2 type alat penguji emisi gas buang untuk motor diesel yang banyak digunakan di bengkel-bengkel perawatan kendaraan maupun di lembaga penguji kendaraan
1. PENGUJI DENGAN FILTER
Penguji emisi gas buang menggunakan metode filter, dimana sejumlah gas buang dihisap melalui kertas filter, Jelaga yang tertinggal pada kertas filter merupakan ukuran/hasil dari kepekatan gas buang motor diesel.
Langkah pengukuran :
1. Pasang kertas filter.
2. Masukkan pipa ukur ke dalam knalpot.
3. Gas mesin secara tiba-tiba secepat mungkin hingga mencapai putaran maksimum (dari putaran idling) sebanyak minimal 3 kali berturut-turut.
4. Sebelum gas ke-4 tekan pompa, setelah gas ke-4 pompa akan naik.
5. Kalibrasi alat ukur dengan kertas kalibrasi.
6. Lepaskan filter kemudian bandingkan dengan standart atau baca dengan sensor
7. Baca hasil ukur.
8. Lakukan pengukuran sebanyak 3 kali.
2. Penguji Dengan Infra Red
Pengujian/pengukuran emisi gas buang motor diesel ini menggunakan sinyal infra red. Gas buang dimasukkan/ dihisap kedalam tabung, pada tabung tersebut terdapat pengirim sinyal infra red (Transmiter) dan penerima Sinyal tersebut (reciever), penurunan kekutan sinyal ditranslate menjadi tingkat kepekatan dalam angka Koefisien (K) faktor (m-1) atau dalam prosentase (%)
Langkah Pengujian :
1. Masukkan stik/probe melalui lubang knalpot sedalam ~30 cm, Penguji pada zero kalibrasi
2. Injak pedal gas hingga full secara cepat pada saat penguji memberi perintah Accelerate (Gas) dan lepas pedal gas bila perintahnya Decelerate
3. Lakukan hingga penguji menghasilkan angka rata-rata dari hasil pengujian.
Sabtu, 03 Desember 2011
ALAT UJI EMISI GAS BUANG
Diposting oleh
aria
di
21.08
0
komentar
Label: MESIN
Selasa, 03 Mei 2011
SUZUKI HAYATE
Suzuki Hayate 125 yang telah dilaunching pada Sabtu(23/4)lalu kini telah menjadi salah satu pajangan di berbagai dealer motor suzuki.Berikut ini reviewnya.
Desain
Sekilas Hayate 125 tak jauh berbeda dengan Suzuki Skywave. Perbedaan mencolok ada di beberapa bagian, seperti lampu depan yang besar dan lebar. Kemudian bentuk lampu belakang terpisah antara lampu rem dan lampu sein.
Bodi dan jok Hayate 125 pun lumayan lebar sehingga mantap untuk menopang bokong si rider ataupun boncenger. Jok lebar, pasti berhubungan dengan boks bagasi di bawahnya. Ukurannya pun sangat besar, helm half face bisa masuk bro!
Fitur
Fitur andalan skywave juga ikutan menempel pada Hayate 125. Secondary air filter, capasitor bank, serta bagasi besar yang bisa menampung helm full face menjadi andalan di skubek Hayate 125 ini.
Yang berbeda ialah sistem lampu utama yang otomatis menyala sejak mesin dinyalakan. Selain itu skubek ini juga sudah dilengkapi dengan kunci bagasi yang bisa langsung dibuka dari kunci kontak.
Oiya, untuk safety Hayate 125 juga telah dilengkapi Side Stand Switch, mesin tidak akan menyala bila standar samping belum terlipat sempurna.
Performa
Tarikan awal memang agak kurang responsif, namun nafas skutik ini cukup panjang, apalagi saat berada di atas kecepatan 50 km/jam. Tenaganya terasa enggak putus.
Saat berjalan sambil berboncengan pun tetap mantap. Dengan total berat dua orang, kurang lebih 130 kg, Hayate 125 mampu melesat menyentuh angka 90 km/jam dengan responsif.
Berikut spesifikasi lengkap Suzuki Hayate
Dimensi
Panjang Keseluruhan :1925 mm
Lebar Keseluruhan :670 mm
Tinggi Keseluruhan :1070 mm
Jarak antar As roda (wheelbase) :1285 mm
Ground clearance :140 mm
Berat :113 kg
Rangka
Tipe :Under bone
Suspensi depan :Teleskopik, pegas ulir, peredam oli
Suspensi belakang :Lengan ayun, tabung ganda,pegas ulir,peredam oli
Rem depan :Cakram hidrolis
Rem Belakang :Tromol
Ukuran ban depan :70/90-16M/C 36P
Ukuran ban belakang :80/90-16M/C 43P
Transmisi
Kopling :Kering, otomatis, tipe sentrifugal
Sistem penggerak :Super CVT dengan V-Belt
Mesin
Jenis :4 langkah, SOHC
Sistem pendingin :Pendingin udara
Jumlah silinder :1 (satu)
Diameter silinder :53,5 mm
Langkah piston :55,2 mm
Kapasitas silinder :124 cc
Rasio kompresi :9,6:1
Daya maksimum :9,6 PS @ 8.000 rpm
Torsi maksimum :9,8 Nm @ 6.000 rpm
Karburator :Mikuni BS-26
Saringan udara :Elemen kertas
Sistem starter :Listrik dan Engkol
Kelistrikan
Pengapian :DC CDI (digital)/spark ignition
Tipe busi :NGK C6HSA/ND U20FS-U
Accu :12 V (3,5 Ah)/10HR
Kapasitas
Bagasi bawah jok :7,7 liter
Tangki bensin :5 liter
Oli mesin
-Penggantian :1.000 ml
-Pembongkaran :1.200 ml
Diposting oleh
aria
di
19.22
0
komentar
Label: REVIEW
Minggu, 05 Desember 2010
STREETFIGHTER TERBARU SUZUKI
Melihat semakin ramainya segmen sport 150 cc membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diam-diam menyiapkan jagoan barunya. Motor yang saat ini masih dalam tahap pengujian dan akan segera hadir pada tahun 2011 ini akan mengusung gaya streetfighter.
Kabarnya untuk tipe terbaru Suzuki ini akan menggunakan basis Suzuki GS 150 yang beredar di India. Tipe GS 150 sendiri berdasarkan informasi dari website Suzuki India memiliki 6 tingkat percepatan. Sudah menggunakan pendingin udara. Juga diklaim sudah memiliki tenaga maksimum 13,8 dk di putaran mesin 8.500 rpm. Kalau memang bakal hadir, jagoan baru Suzuki ini juga telah dilengkapi engine balancer yang mampu mereduksi getaran yang berasal dari mesin. Sehingga kenyamanan berkendara menjadi jauh lebih nikmat.
Diposting oleh
aria
di
11.44
0
komentar
Label: REVIEW
YAMAHA FIORE
Yamaha Thailand akhirnya meluncurkan produk matik terbarunya di Thailand, sekaligus melengkapi jajaran produk matik lainnya yang lebih dulu meluncur seperti Mio 115, Mio 125, Nouvo Mx, Nouvo Elegance dan Fino. Berbeda dengan kelima produk matik Yamaha Thai lainnya, matik terbarunya kali ini dah mengusung teknologi injeksi, kalo di Honda biasa dikenal dengan PGM-Fi, di Yamaha kita menyebutnya dengan YM Jet-Fi (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection).
Yamaha Fiore diambil dari bahasa Italia yang artinya ‘Bunga’. Yamaha Fiore lebih dulu dipasarkan di Taiwan dengan nama Yamaha Jog Ciao.
Fiore hadir dengan desain sederhana dan klasik (lampu depan bulat). Warna-warna yang ditawarkan pun centil — pink, ungu dengan motif bunga.
Yamaha Fiore mengusung mesin 113 cc SOHC air cooled dengan rasio kompresi 9,30:1, smentara itu ukuran diameter langkahnya 50 x 57,9 mm. Dengan teknologi injeksi yang diusungnya, motor ini diklaim mampu menempuh jarak 51 km per liternya, irit banget kan? Kerasa banget dibanding dengan sodaranya Mio yang boros abis, lumayan ada saingan baru matiknya tetangga soal iritnya, wajar aja kalo motor ini mendapat gelar motor matik teririt di Taiwan untuk kelas 100cc.
Karena didesain untuk kaum perempuan, maka Yamaha memudahkan pengguna Fiore di mana mengisi bensin dari depan alias tanpa membuka jok. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri 4,4 liter. Yamaha melengkapi Fiore dengan bagasi 17 liter.
Dimensi Fiore sangat compact dengan panjang/lebar/tinggi:1,795mm/635mm/1,030mm. Ukuran bannya pun mungil 12″.
Apakah Fiore akan masuk ke Indonesia untuk menyikat Honda Scoopy? Belum ada konfirmasi dari Yamaha Motor Indonesia,kita tunggu saja.
Diposting oleh
aria
di
11.28
0
komentar
Label: REVIEW
YAMAHA NEW MIO 125
Yamaha Mio 125 yang sebelumnya ramai diperbincangkan akhirnya nongol dalam wujud aslinya di Tahiland.Model New Mio 125 ini mengarah ke disain yang lebih futuristik dengan lekukan dan garis bodi yang tajam.
Sebenarnya fitur dan teknologi yang tersemat pada skuter matik ini tidak berbeda dengan sepedamotor Yamaha yang lainnya.
Mengusung mesin 124 cc 4 tak SOHC 2 klep dengan pendingin air, mesin 124 cc ini megadopsi karburator Mikuni BS26 yang sudah dilengkapi fitur Throtle Possition Control (TPS). Secara keseluruhan, Mio 125 terlihat dengan tampilan yang benar-banar baru dengan disain head lamp bertipe dual keen.
Bicara masalah standar keamanan, Yamaha mencangkokan fitur Super Key Shuter yang mengaplikasikan kunci magnetik sebagai kunci pembuka jok dan kunci kontak. Namun memang belum diketahui secara pasti, apakah motor ini telah dilengkapi fitur Side Stand Swicth atau belum.
Motor ini hadir menawarkan 7 varian warna dengan dua pilihan velg jari-jari dan racing.Kemungkinan di Indonesia hanya melego yang bervelg palang. Ini akan melengkapi dari 7 produk anyar yang dijanjikan oleh PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM sepedamotor Yamaha di Indonesia.
Persoalan kini masalah harga. Bisa dipastikan lebih mahal dari varian yang telah ada terkait dengan teknologi baru yang ada. Bisa jadi menyentuh angka 15 juta rupiah. Kini Honda Vario tidak lagi melenggang sendirian sebagai skuter matik berpendingin cair.
Diposting oleh
aria
di
11.02
0
komentar
Label: REVIEW