Kamis, 26 November 2009

EXHAUST MANIFOLD



Exhaust manifold berfungsi menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas tersebut ke pipa buang. Exhaust manifold dibaut pada kepala silinder,saluran manifold disambungkan langsung pada lubang gas bekas pada silinder.


PIPA BUANG(exhaust pipe)

pipa buang adalah pipa baja yang mengalirkan gas bekas dari exhaust manifold ke udara bebas.Pipa itu sendiri dibagi beberapa bagian,pipa bagian depan(front pipe),bagian tengah(center pipe),dan bagian belakang(tail pipe). Susunan ini dibuat demikian untuk mempermudah saat penggantian catalitic conventer atau muffler tanpa melepas sistem keseluruhan.


CATALYTIC CONVENTER

catalytic conventer merupakan komponen muffler dari emission control sistem.Bertujuan untukmengurangi jumlah CO(carbon monoxide), HC(hydrocarbon) dan NOx(oxides of nitrogen) yang terkandvng dalam gas bekas. Ada 2 tipe catalytic conventer, tipe catalys yang terkenal adalah: tipe pellet dan tipe monolithic.
Type monolithic,belakangan ini lebih banyak digunakan pada kendaraan,sebab mempunyai tahanan gas buang yang kecil,lebih ringan dan membantu mempercepat pemanasan pada mesin dibandingkan dengan tipe pellet. Sebuah catalytic conventer terdiri atas salah satu dari 2 catalist yaitu: OC(oxidation catalyst) atau TWC(three way catalyst). OC terdiri dari platinum dan palladium,yang dapat mengurangi CO dan HC. TWC mengandung platinum dan rhodium yg dapat mengurangi CO dan HC terutama NOx.


MUFFLER

gas bekas dikeluarkan dari mesin dengan tekanan tinggi(kira-kira 3-5 kg/cm2) dan temperaturnya sekitar 600-800 derajad celcius. Besarnya panas ini kira-kira 34% dari energi panas yang dihasilkan mesin.
Bila gas bekas dengan panas dan tekanan yang tinggi seperti ini langsung ditekan keudasa luar,maka gas tersebut akan mengembang dengan cepat sekali menyebabkan timbulnya suara ledakan yang keras.Muffler digunakan untuk mencegah terjadinya hal tersebut.Gas bekas dikurangi tekanannya dan didinginkan saat melalui muffler.


0 komentar: