Sabtu, 21 November 2009

GEAR OIL(oli roda gigi)


Oli roda gigi adalah oli untuk melumasi transmisi manual,differential dan steering gear.

Syarat-syarat Oli Roda Gigi:

Gesekan disertai tenaga interaksi fisik antara obyek dan gesekan selalu mengakibatkan keausan. Permukaan gigi adalah subyek gesekan akibat slip dan gesekan akibat putaran.
Besarnya beban pernukaan gigi,permukaan yang kasar,dan kecepatan meluncur menghasilkan gesekan yang besar dan bertambahnya panas yang ditimbulkan.
Untuk alasan tersebut,oli roda gigi diperlukan dengan memenuhi kondisi berikut:

>>Kekentalan Sesuai
Pada umumnya oli roda gigi yang mempunyai tingkat kekentalan yang tinggi sangat efektif untuk mencegah kerusakan pada roda gigi dan bantalan bunyi, dan kebocoran oli. Bagaimanapun kekentalan mempunyai efek pada saat start mesin,dan feeling perpindahan tuas transmisi manual saat temperatur mesin masih rendah.
Oleh sebab itu harus digunakan oli roda gigi yang mempunyai kekentalan sesuai.Kekentalan cenderung bertambah saat temperatur turun dan kemudian sifat fluidanya menjadi melemah.Oli yang kekentalannya hanya merubah sedikit bila terjadi perubahan temperatur yang sangat diperlukan.


>>Mempunyai Kemampuan Memikul Beban
Saat gigi berhubungan antara satu dengan yang lainnya,tekanan dan beban goncangan yang timbul besar.
Jadi fungsi utama oli roda gigi yang sangat penting adalah untuk menolong menggantikan beban tersebut saat roda gigi bersinggungan dan mencegah panas dari pemakaian roda gigi dan bantalan. Kemampuan oli untuk melakukan ini disebut "kemampuan memikul beban".

>>Tahan Terhadap Panas dan Oksidasi
Saat oli roda gigi memburuk karena panas atau oksidasi.Kotoran akan membentuk kadar asam, menyebabkan perubahan kekentalan. Endapan kotoran menyebabkan tidak sempurnanya pelumasan pada bantalan dan endapan yang mengeras dapat merusak komponen karena bersinggungan dengan permukaan gigi atau bantalan.
Naiknya kekentalan disebabkan oleh kotoran sehingga kemampuan pendinginannya berkurang dan tahanannya bertambah. Selain itu kadar asam yang dibentuk menyebabkan timbulnya karat. Untuk mengatasi hal ini diperlukan oli pelumas gigi yang baik,stabil terhadap panas dan oksidasi.


0 komentar: