Kamis, 03 Desember 2009

NEW SUZUKI SATRIA FU 150


PT Indomobil Niaga International (IMNI) Roda-2 akhirnya memperkenalkan versi baru Suzuki Satria FU 150. Bebek supersport (gimmick marketing Suzuki menyebutnya: hyper underbone) ini diperkenalkan oleh Kenji Saito, Direktur Pemasaran IMNI, pada hari pertama pembukaan Jakarta Motorcycle Show.

Cukup menarik, komponen untuk mempergagah penampilan Satria ini diadopsi dari Yoshimura yang sudah sangat dikenal oleh para bikers di Tanah Air. Perubahan yang dilakukan Suzuki adalah mengganti model lampu depan dan fairing (tudung), panel instrumen (desain spidometer), ujung knalpot, rangka alumunium, dan behel atau pegangan belakang motor.


Lampu Depan
Perubahan mencolok dari Satria adalah desain fairing dan lampu depan. Desain lampu depan mirip dengan Suzuki GSX-R600. Versi baru, lampu menggunakan bentuk mahkota dan di sampingnya lampu sein dengan mika transparan mirip kuping kelinci. Lampu ini dilengkapi dengan topi atau disebut juga “cowling” ber-garnish hitam. Topi lampu dipasang dengan cara menyekrupkannya pada fairing panel instrumen.

Panel Instrumen

Yang cukup berarti, meski posisi dan bentuk dasarnya sama dengan versi Satria terdahulu. Motif dasar bagian tengah panel instrumen kini dibuat seperti anyaman dinding bambu.
Takometer menggunakan model jarum dengan dasar instrumen putih berbentuk lingkaran. Di pinggir takometer diberi ornamen berlapiskan krom untuk memberi kesan sporty dan eksklusif. Versi lama, pinggiran takometernya berwarna hitam, sama dengan panel.

Bentuk angka dan ukuran juga berubah. Versi baru lebih besar (tentu saja makin mudah dibaca), sedangkan Satria lama menggunakan huruf reguler lama (italic atau miring). Instrumen lain dengan tayangan digital adalah spidometer, indikator bahan bakar, tripmeter, dan indikator mode “eco” dan “power”. Angka-angkanya mudah dibaca karena menggunakan dasar oranye.

Kini motor supersport bebek ini dilengkapi dengan dua pilihan model mengendarai yang disebut Suzuki dengan S-DMS (Suzuki Drive Mode Switch), yaitu "eco" dan "power". Tombol mode itu ditempatkan di sisi kanan panel instrumen dan mudah dicapai pengendara saat melaju.

Perubahan lainnya adalah di bagian depan, yaitu segitiga setang yang kini dilapisi dengan silver (sebelumnya hitam), sedangkan di bagian belakang, perubahan pada ujung corong knalpot. Versi baru berbentu oval segitiga, khas Yoshimura. Di belakang, behel atau pegangan di belakang sadel tampil dengan penampilan baru. Begitu pula dengan rangka alminium baru dengan pelindung kaki di kanan dan kiri motor.

Spesifikasi New Satria FU 150 :

Mesin
Tipe .................... 4-tak , DOHC, 4 katup, silinder tunggal, pendingin udara
Kapasitas ............... 147,3 cc
Diameter x langkah ...... 62 x 48,8 mm
Perbandingan kompresi ... 10,2 : 1
Tenaga maks. ............ 16 PS @9.500 rpm
Torsi maks. ............. 1,27 kgf-m @8.500 rpm
Karburator .............. MIKUNI BS 26 - 187
Saringan udara .......... Kertas
Sistem starter .......... Kaki & elektrik
Transmisi ............... 6 kecepatan, 1 ke atas, 5 ke bawah
Kopling ................. Multiplat, basah

Chasis
Suspensi Depan .......... Teleskopik, pegas spiral dan bantalan oli
Suspensi Belakang ....... Monoshock, lengan ayun, pegas spiral dan bantlan oli
Rem Depan & Belakang .... Cakram
Ban & Roda Depan ........ 70/90-17 38S
Ban & Roda Belakang ..... 80/90-17 44S

4 komentar:

Anonim mengatakan...

keren banget,,,
tapi kenapa yew..??
motor satria FU 150 banyak peminatnya, tapi kalo mesen pasti indent terus...
g sabaran nunggu...
hahaha

tapi tetep is the best...

aria mengatakan...

Yupz satria FU emang keren abis....

shandz mengatakan...

Boros tp bro...

Arik mengatakan...

kui durung opo opo